Minggu, 17 Juli 2011

Memperkecil Dampak Radiasi Ponsel

Peringatan WHO yang menyatakan bahwa radiasi ponsel dapat memicu timbulnya kanker otak tak pelak membuat kita harus ekstra hati-hati dalam penggunaan perangkat tersebut. Meski badan kesehatan Eropa masih merekomdasikan supaya dilakukan penelitian lebih lanjut, Tidak ada salahnya jika mulai waspada terhadap dampak radiasi ponsel tersebut.
Penelitian tersebut juga mengidentifikasikan hubungan antara penggunaan ponsel dan tumor kelenjar ludah, termasuk neuroma akustik, sejenis tumor saraf yang menghubungkan telinga ke otak. Setelah memeriksa sejumlah bukti pada penggunaan ponsel, pada 7 Juni 2011 IARC mengumumkan bahwa sinyal ponsel mulai sekarang diklasifikasikan berpotensi karsinogenik, seperti dikutip situs nursingtimes.net.
Hasil penelitian tersebut tentu membuat cemas dan prihatin para orangtua. Apalagi, ponsel saat ini merupakan perangkat telekomunikasi yang sudah tidak asing lagi digunakan anak-anak. Bagaimana pun, ponsel bisa sangat berguna untuk memperlancar komunikasi antara orangtua dengan buah hatinya, sekaligus untuk memantau keberadaan mereka.
Namun, melihat risiko kesehatan yang ditimbulkan, sudah sepatutnya para orangtua menjadi lebih bijaksana dan berhati-hati mengenai penggunaan ponsel. Menurut sebuah studi terbaru, lebih dari empat miliar orang memiliki ponsel dan setengah di antaranya merupakan pengguna di bawah usia 20 tahun. Penggunaan ponsel jangka panjang secara signifikan menyebabkan peningkatan risiko tumor otak. Dan orang-orang yang mulai menggunakan ponsel saat remaja, memiliki risiko empat sampai lima kali lebih besar mengembangkan tumor otak ganas.
Memperkecil dampak
Menurut sebuah artikel terbaru di situs healthychild.org, Prancis dan India telah melarang penggunaan ponsel pada anak-anak di bawah usia 16 tahun. Sementara itu, Israel dan Inggris melarang penggunaan ponsel pada anak-anak di bawah usia 12 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar